Olahraga

Lazada Indonesia

Olahraga adalah aktifitas seseorang dalam rangka menggerakkan seluruh anggota tubuh untuk mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani. Disadari atau tidak, orang yang melakukan aktifitas olahraga secara teratur, memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak berolahraga atau berolahraga tetapi tidak teratur.

Olahraga dapat disesuaikan dengan kondisi fisik dan lingkungan kita. Kita bisa melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, jogging, bersepeda, senam kesegaran jasmani, maupun olahraga lainnya. Olahraga ringan dapat kita lakukan dimana saja, di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tetapi sebaiknya dilakukan di luar ruangan seperti di lapangan atau di taman, sehingga kita bisa menikmati udara segar, pikiran lebih tenang dan badan bisa lebih rileks.

 

Tujuan dan Manfaat Olahraga

Tujuan dan manfaat olahraga adalah untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan daya tahan tubuh, upaya pengobatan dari suatu penyakit, juga sebagai profesi untuk menghasilkan uang (olahraga professional).

1.  Olahraga Kesehatan

Olahraga kesehatan bertujuan untuk menjaga dan memelihara kesehatan jasmani dan rohani. olahraga ini dapat dilakukan sendiri atau berkelompok. Diantara jenis olahraga untuk kesehatan adalah senam kesegaran jasmani, jogging, bersepeda, lari, fitnes, dan lain-lain.

2.  Olahraga Untuk Pengobatan

Olahraga untuk pengobatan bertujuan untuk mengobati penyakit pada seseorang menurut saran atau pendapat ahli pengobatan. Olahraga dilakukan sebagai upaya proses penyembuhan dari suatu penyakit, seperti penyakit jantung, kencing manis, kropos tulang, peredaran darah tidak lancar dan lain-lain.

3.  Olahraga Professional

Olahraga Professional bertujuan untuk menghasilkan uang sebagai imbalan atas prestasi yang diraih, baik olahraga yang dilakukan sendiri atau bersama-sama dalam suatu tim.

Saat ini hampir semua cabang olahraga dipertandingkan dalam suatu kejuaraan olahraga, baik di tingkat sekolah, kecamatan, kotamadya, provinsi, nasional dan internasional dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

 

Jenis Olahraga

Olahraga dapat dibedakan dari segi tata-cara, bentuk, tujuan, dan tempatnya. Jenis olahraga tersebut antara lain adalah :

1.  Olahraga Beladiri

Olahraga beladiri adalah olahraga yang dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan diri dari setiap penyerang dan untuk meningkatkan kekuatan jasmani dan rohani.

Olahraga beladiri ini antara lain adalah Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Kungfu, Jiu Jitsu, Aikido, Judo, Capoera,  dan lain-lain.

2.  Olahraga Permainan

Olahraga permainan adalah olahraga yang dilakukan bersama-sama, dua orang atau lebih, sebagai sarana hiburan baik oleh olahragawan maupun penontonnya.

Olahraga permainan ini antara lain adalah Sepak Bola, Sepak Takraw, Futsal, Volly, Basket, Catur, dan lain-lain.

 

Tips Berolahraga

Agar tujuan berolahraga tercapai, sebaiknya kita perhatikan tips berolahraga berikut ini :

1.  Memilih Jenis Olahraga

Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada saat ini, dapat kita pilih satu atau beberapa jenis olahraga yang cocok dengan kondisi fisik kita.

Untuk olahraga prestasi misalnya, jika ukuran fisik kita lebih pendek dari rata-rata kebanyakan orang, tidak disarankan memilih jenis olahraga seperti volli, basket dan lompat jauh, karena jenis olahraga tersebut tidak ada kategori pembagian kelas pertandingan (ukuran berat badan), kecuali tujuan berolahraga tersebut adalah untuk kesehatan.

Dalam memilih jenis olahraga, sesuaikan juga dengan umur kita. Untuk anak dan remaja, dapat dipilih olahraga ketangkasan, usia dewasa dapat memilih semua jenis olahraga, tetapi untuk usia tua dapat kita pilih jenis olahraga untuk kesehatan saja, seperti senam kesegaran jasmani, jogging, renang, bersepeda dan jenis olahraga lainnya yang tidak terlalu menguras energi tubuh.

2.  Perhatikan Makan dan Minum Anda

Untuk mengimbangi daya tahan tubuh  terhadap pilihan jenis olahraga, maka harus kita perhatikan makan dan minum kita, karena kebutuhan makanan dan minuman bagi seorang olahragawan berbeda dengan orang yang tidak berolahraga.

Kebutuhan makan dan minum minimal harus memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna, yaitu makanan pokok, lauk-pauk, sayur-mayur, buah dan susu.

3.  Memilih Waktu Yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga, boleh pagi, siang, sore maupun malam. Yang penting kita berolahraga secara teratur, tidak mengganggu aktivitas pekerjaan dan tidak terburu-buru.

Lazada Indonesia

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.

wandi
18-08-2014
Bagus untuk referensi terima kasih ya
Admin
terima kasih kembali


[1]


Copyright 2011 serba-indonesia.com
serba-indonesia.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap